Minggu, 21 Juli 2019 : 16:27:00 WITA

Artikel

Bunda Neni Bupati Bontang Membuka Pelatihan Jurnalistik LDII

Bontang – Pengurus DPW LDII Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh  50 peserta, terdiri dari perwakilan tiap-tiap DPD Kab/Kota se-Kaltim. Acara ini berlangsung 26-27 Januari 2019, di Pondok Harmoni Telihan, Bontang Barat, Kota Bontang.

Dalam kegiatan ini Ketua DPW LDII Kaltim Prof. DR. Ir. Krisna Purnawan Candra menyampaikan sambutannya bahwa  kegiatan pelatihan jurnalis ini dengan konsep Go Green, yaitu tanpa sampah plastik dengan cara memberikan tiap-tiap peserta tumbler (botol minum) sendiri.

Pelatihan ini dibuka oleh Wali Kota Bontang  Dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG. Dalam sambutannya memberi apresiasi kepada LDII disaat waktu libur akhir pekan justru mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik  satu-satunya organisasi yang mengadakan pelatihan jurnalis sehingga membantu mengurangi jumlah pengangguran di usia produktif.

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi oleh peserta tiap-tiap DPD Kab/Kota yang mulai berdatangan dari Jumat siang. Dilanjutkan pada malam hari dengan materi awal tentang “Menulis Straight News dan  Foto Jurnalistik“  oleh Ludhy Cahyana selaku ketua KIM DPP LDII.

Selain Wali Kota Bontang yang membuka, beberapa pejabat kota Bontang juga turut hadir dalam acara ini diantaranya staf ahli SDM, Ketua MUI Kota Bontang, Polres, Dandim, dan beberapa tokoh masyarakat.

 

Pelatihan Jurnalistik dan Media

Pelatihan Jurnalistik ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya setelah kegiatan serupa diadakan di Kota Balikpapan, 16-17 Desember 2017 yang lalu. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di bidang komunikasi, informasi, dan media massa.

Pada kesempatan kali ini, panitia mengundang jurnalis profesional dan praktisi media sebagai narasumber. Mereka antara lain Koordinator Biro Komunikasi Informasi dan Media (KIM) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII Ludhy Cahyana, jurnalis Kaltim Post Raymond Chouda, praktisi video dan fotografi dari LNG TV Panca Purnama, serta Koordinator Biro KIM DPW LDII Kalimantan Timur Subur Anugerah.

Selain pemaparan materi oleh Ludhy juga diisi oleh Raymon Chouda dengan topik Etika Seorang Jurnalis dan simulasi wawancara konverensi pers, wawancara doorstop, mengolah berita. Acara berlangsung dengan lancar dan peserta sangat antusias dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan.

Dalam paparannya, Ludhy memberikan materi seputar kiat-kiat menulis Straigth News dan Foto Jurnalistik. Sebagai jurnalis di beberapa media besar di tanah air, ia bukan saja memberikan teori dasar-dasar jurnalistik, tetapi mengajak peserta melakukan latihan meliput. Peserta melakukan praktik langsung mengejar dan mewawancarai narasumber serta mengambil foto.

Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan peserta menjadi wartawan muda dan handal dan religius bagi pembangunan karakter bangsa. (Lines)AP

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *