Senin, 20 Mei 2019 : 20:41:53 WITA

Artikel

Raih 5 Sukses di Bulan Ramadhan

Sukses Ibadah di Bulan Ramadan’
Edisi : Tadarus Qur’an

Jika sebelumnya membahas mengenai puasa dan tarawih, kali ini mengenai pentingnya tadarus Al Qur’an, dimana pun dan kapan pun waktunya.

Sejatinya, tadarus atau membaca Al Qur’an bisa dilakukan kapan pun tidak harus menunggu bulan Ramadan. Namun karena bulan Ramadan adalah bulan yang memiliki keutamaan lebih dari bulan-bulan kalender Islam lainnya, maka tadarus Qur’an wajib agar semakin banyak poin pahala yang diraih.

Semakin banyak pahala, semakin sukses menjalani ibadah, dan semakin meningkat pula derajat seseorang di mata Alloh.

Oke, saking pentingnya membaca Al Qur’an, Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Ibnu Hiban:

قَالَ رَسُوْلُ الله (صل الله عليه وسلّم) الْقُرْآنِ شَافِعٌ مُشَفَّعٌ، وَمَاحِلٌ مُصَدَّقٌ، مَنْ جَعَلَهُ أَمَامَهُ قَادَهُ إِلَى الْجَنَّةِ *رواه ابن حبان.

“Rasulullah SAW bersabda, Al Qur’an adalah penolong yang diberi hak menolong, dan pelapor yang dibenarkan laporannya, barangsiapa yang menjadikan Al Qur’an didepannya (dibaca, dikaji, dipahami, dan diamalkan) maka Al Qur’an akan menuntunnya ke surga.”

Beruntunglah orang yang sudah lancar membaca Al Qur’an, tartil, jelas panjang-pendeknya, jelas makhroj dan tajwidnya, serta memahami makna dan keterangannya saat mengkaji Al Qur’an.

Bagaimana dengan yang membacanya terbata? Alloh tidak ketinggalan karena memang di bulan penuh pengampunan ini, pahala jelas diobral. Dalam hadis Tirmidzi diterangkan:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ اَمْثَالِهَا *رواه الترمذى

“Barangsiapa membaca satu huruf Al Qur’an maka baginya mendapat satu kebaikan. Dan setiap kebaikan dilipatkan menjadi 10 kali lipat kebaikan.”

Nah, meski membaca dengan terbata, tapi setiap huruf dari ayat itu terbaca, bayangkan saja berapa kebaikan yang didapat? Sangat banyak!

Karena itu, mumpung masih hari pertama, yang masih sedikit bacaannya atau yang belum mulai sama sekali tadarus Qur’an, ayo mulai memantapkan niat membaca ayat per ayat dengan hikmat.

 

#ldii_news #LDII #LembagaDakwahIslamIndonesia #Ramadan1440 #5suksesramadan #suksestadarusalquran

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *